Senin, 29 Oktober 2012

PERAN DAN SOLUSI MAHASISWA LEGISLATIF DALAM MEMBANGUN PERADABAN MASA DEPAN MADANI


Sebelum kita masuk kedalam peran dan solusi mahasiswa legislatif dalam membangun peradaban masa depan madani.kita harus tau dulu apa itu mahasiswa legislatif.menurutku mahasiswa legislatif adalah seseorang yang sedang melanjutkan pendidikan setelah tamat dari sma/smk/ma dan mempunyai peran dalam sebuah organisasi legislatif
            Peran dan solusi mahasiswa legislatif dalam membangun peradaban masa depan madani adalah :
A. Peran mahasiswa dalam membangun peradapan masa depan madani
1.       Mahasiswa sebagai Iron Stock
Mahasiswa adalah bagian dari sebuah harapan kecil masyarakat yang diharapkan dapat merubah kondisi bangsa yang saat ini semakin runyam akibat dari berbagai permasalahan yang terjadi, baik itu masalah politik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, sandang dan juga pangan. Mahasiswa yang diharapkan lahir menjadi pemimpin pemimpin tangguh, berakhlak mulia dan intelektual serta kritis terhadap kondisi bangsanya.  Sejarah telah melahirkan banyak cerita tentang peranan pemuda dan kaum pelajar  dalam perubahan kondisi bangsa dan negaranya mulai dari zaman kenabian, zaman kolonialisme hingga zaman reformasi.

2.       Mahasiswa sebagai Guardian of Value
Mahasiswa berperan sebagai penjaga nilai nilai moral di dalam masyarakat.nilai nilai yang harus dijaga mahasiswa adalah nilai nilai yang bersifat mutlak serta tidak ada lagi keraguan didalamnya.Sebagai Agen Guardian of Value, sudah seharusnya mahasiswa menjadi contoh yang baik di lingkungan masyarakat serta juga menjadi bagian untuk mencegah hal hal yang merusak nilai nilai moral yang saat ini sedang merongrong kehidupan para pemuda.


3.       Mahasiswa sebagai Agent of Change
Mahasiswa berperan sebagai Agen Perubahan. Mahasiswa yang diharapkan oleh masyarakat menjadi bagian dari perubahan dan aktor yang membawa bangsa ini menjadi lebih baik, lebih bermartabat, lebih makmur, lebih sejahtera dan lebih tentram. Mahasiswa seharusnya menjadi garda terdepan dalam mengawal serta melakukan perubahan yang sejak lama diimpikan oleh masyarakat banyak dikarenakan mahasiswa adalah kaum serta golongan yang “eksklusif”.
Perubahan itu sendiri sebenarnya dapat dilihat dari dua pandangan. Pandangan pertama menyatakan bahwa tatanan kehidupan bermasyarakat sangat dipengaruhi oleh hal-hal bersifat materialistik seperti teknologi, misalnya kincir angin akan menciptakan masyarakat feodal, mesin industri akan menciptakan mayarakat kapitalis, internet akan menciptakan menciptakan masyarakat yang informatif, dan lain sebagainya. Pandangan selanjutnya menyatakan bahwa ideologi atau nilai sebagai faktor yang mempengaruhi perubahan.

B. Solusi dari mahasiswa untuk peradaban dunia
            Hanya ada 1(satu) solusi dari mahasiswa untuk peradaban dunia terkhusus di indonesia yaitu melakukan perubahan.dan yang perlu diubah adalah tentang pemikiran masyarakat yang kolot terhadap perubahan perubahan positif yang terjadi pada abad ke 21 ini, serta moral anak anak muda yang ada di dunia terkhusus di indonesia yang kurang baik.Mengubah pemikiran seseorang dapat dilakukan dengan mengubah cara berpikirnya (mindset). Contoh jika seseorang menganggap minum minuman keras adalah hal yang biasa, maka dia akan dengan mudah minum minuman keras. Tapi jika kita ubah cara berpikirnya, menjadi berpikir berlandaskan Quran dan Sunnah serta dalam pandangan kesehatan, maka dia tidak akan minum minuman keras karena pemikirannya telah melarang hal itu.
Mengubah pemikiran seseorang akan mencapai sempurna (fanatik) jika memang pemikiran yang dimasukkan kepadanya dapat diterima akal, sesuai dengan fitrahnya, dan memuaskan hati.Ketika pemikiran masyarakat diubah menjadi pemikiran yang respon terhadap perubahan yang positif di abad 21 ini, maka moral masyarakat  akan mengikuti dibelakangnya  sesuai dengan pemikiran yang telah dipahaminya.dan itulah yang menjadi PR bagi kita semua untuk mengubah pemikiran pemikiran masyarakat yang belum respon terhadap perubahan di era yang serba canggih ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar