Kamis, 31 Mei 2012

TEKANAN OSMOTIK


Tekanan osmotik adalah gaya yang diperlukan untuk mengimbangi desakan zat pelarut yang melalui selaput semipermiabel ke dalam larutan. Membran semipermeabel adalah suatu selaput yang dapat dilalui molekul - molekul pelarut dan tidak dapat dilalui oleh zat terlarut. Menurut Van't Hoff, tekanan osmotik larutan dirumuskan 

π = MxRxT

Keterangan :
π = tekanan osmotik

M = molaritas larutan

R = tetapan gas ( 0,082 )
T = suhu mutlak

Larutan yang mempunyai tekanan osmotik lebih rendah dari yang lain disebut larutan Hipotonis.Larutan yang mempunyai tekanan osmotik lebih tinggi dari yang lain disebut larutan Hipertonis.Larutan yang mempunyai tekanan osmotik sama disebut Isotonis.


MANFAAT TEKANAN OSMOTIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Banyak manfaat dari tekanan osmotik dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja dalam bidang-bidang dibawah ini :

-BIDANG KESEHATAN :


          Tekanan osmotik dapat diaplikasikan dalam bidang kesehatan, yaitu tekanan osmotik dalam cairan infus. Tekanan osmosis cairan infus harus sesuai dengan tekanan osmotik darah. Jika tekanan dalam sel darah merah lenin besar dari tekanan cairan infus (hipertonik), cairan hipertonik akan menarik cairan dan elektrolit dari jaringan dan sel kedalam pembuluh darah. Sebaliknya, jika tekanan dalam sel darah merah lebih kecil dari tekanan cairan infus (hipotonik), maka cairan hipotonik Akan ditarik dari dalam pembuluh darah keluar ke jaringan sekitarnya
-BIDANG INDUSTRI MAKANAN


Industri makanan ringan baik skala rumah tangga maupun pabrik sering memanfaatkan konsep tekanan osmotik pada pengawetan selai dan jeli.Gula dalam jumlah yang banyak ternyata penting dalam proses pengawetan karena gula membantu membunuh bakteri yang bisa mengakibatkan botulisme.  Bila sel bakteri berada dalam larutan gula hipertonik (konsentrasi tinggi), air intrasel cenderung untuk bergerak keluar dari sel bakteri ke larutan yang lebih pekat.  Proses ini yang disebut krenasi (crenation), menyebabkan sel mengerut dan akhirnya tidak berfungsi lagi. Keasaman alami buah-buahan juga menghambat pertumbuhan bakteri.


-BIDANG PERTANIAN

Tekanan osmotik juga dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian.contohnya jika wortel dibiarkan di ruang terbuka dengan waktu yang cukup lama,wortel akan menjadi lunak.wortel tersebut akan tampak segar kembali jika direndam di dalam air.wortel tersebut akan menyerap kembali kandungan air yang hilang karena menguap.Wortel tersebut dapat menjadi segar kembali dikarenakan terjadinya proses osmotik ketika wortel direndam dalam air.Pelarut(H20) memiliki konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan dengan zat-zat yang terkandung di dalam wortel yang memiliki konsentrasi tinggi.Sehingga,molekul-molekul pelarut(H20) berpindah dari larutan encer ke larutan yang lebih pekat(di dalam wortel) melalui membran semipermeabel.


-BIDANG INDUSTRI OTOMOTIF

tekanan osmotik juga dapat berguna terhadap proses mencairnya air radiator yang menjadi es. Garam memang dapat mencairkan es karena saat garam diletakkan di atas es maka akan terbentuk larutan garam di atasnya. Saat tebentuk larutan garam ini, maka terbentuklah sifat koligatif larutan dimana larutan akan mengalami penurunan titik beku akibat pengaruh interaksi molekul pelarut (air) dan terlarut (garam). Sehingga, suhu es 0 C ini akan mencair. Dalam musim dingin,pengguna kendaraan bermotor harus mengontrol kendaraannya agar air raditor tidak membeku yaitu dengan cara meletakkan kendaraan ditempat yang bersuhu normal. Atau kita bisa mencairkannya dengan memberi garam pada air radiator.
         
DAFTAR PUSTAKA

1 komentar: